QUERY LANGUAGE
 
PENGERTIAN QUERY LANGUAGE

-Query adalah merupakan bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database, yang telah distandarkan dan lebih dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL)
-Bahasa query (query language) adalah bahasa khusus yang digunakan untuk melakukan query pada basis data. Contoh penggunaan bahasa query adalah: SELECT ALL WHERE kota=”Yogyakarta” AND umur<40. Query tersebut meminta semua record dari basis data yang sedang digunakan (misalkan basisdata konsumen) yang bertempat tinggal di Yogyakarta dan berumur lebih dari 40 tahun (kota dan umur adalah nama field yang telah didefinisikan). Standar bahasa query yang banyak digunakan adalah SQL (structured query language). Metode ini paling rumit tetapi paling fleksibel dibandingkan metode query yang lain, query dengan parameter yang telah tersedia dan query by example.
 
Bahasa query dapat dikategorikan sebagai bahasa prosedural & bahasa non-prosedural
  • Bahasa procedural merupakan suatu bahasa yang membuat suatu urutan instruksi. Yang termasuk dalam bahasa procedural adalah aljabar relasional
  • Bahasa non-prosedural  merupakan suatu bahsa yang hanya mendeskripsikan informasi tanpa memberikan urutan informasi. Yang termasuk dalam bahasa non-prosedural adalah kalkulus relasional, dan kalkulus relasional tupel.


ALJABAR RELASIONAL

Aljabar relasional adalah sebuah bahasa query prosedural yang terdiri dari sekumpulan operasi dimana masukkannya adalah satu atau dua relasi dan keluarannya adalah sebuah relasi baru sebagai hasil dari operasi tersebut. Operasi-operasi dasar dalam aljabar relasional adalah : select, project, union, set difference, dan cartesian product.
Disamping operasi-operasi dasar terdapat beberapa operasi tambahan seperti set intersection, natural join, division dan theta join.
Ada dua operasi pada aljabar relasional yaitu operasi dasar dan operasi tambahan 
  • Operasi Dasar             : terdiri atas select, project, cross, union, intersection, subdifference, rename,Cartesian product
  • Operasi Tambahan     : terdiri atas set intersection,tetha join , natural join, division

JENIS-JENIS OPERASI 
  • Unary  : suatu operasi yang hanya digunakan pada suatu relasi
  • Binary  : suatu operasi yang memerlukan sepasang relasi

SELECTION
Selection merupakan suatu operasi untuk menyeleksi tupel-tupel yang memenuhi suatu predikat.
PROJECTION
Projection merupakan sebuah operasi unary yang digunakan untuk memperoleh kolom-kolom tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 kuliah yuk yak yuk. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates